Kamis, 07 Maret 2013

9 Rahasia Wanita Hobi Shopping Atau Belanja

Filled under: ,





Bagi anda kaum wanita, apa yang terlintas dibenak anda ketika melihat Mall, Toko perhiasan, Butik atau toko pakaian dan anda sedang jalan bersama pasangan anda dimana anda tahu isi kantongnya tebal? Haaahaaa... Sudah pasti SHOPPING ( Belanja ). Memang tidak semua wanita memiliki sifat demikian, namun banyak diantara mereka yang sudah menjadikannya sebagai Hobi bahkan kebiasaan. Dalam kesempatan kali ini ijinkan saya membuka

1. Memperbaiki Suasana Hati
Kebanyakan wanita berbelanja ketika suasana hatinya sedang buruk. Oleh karena itu, mereka tak segan-segan menghabiskan uang untuk berbelanja demi menyenangkan hati dan memanjakan dirinya.

2. Mencoba Hal Baru

Wanita yang gila belanja menganggap bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menemukan hal baru. Hal tersebut mereka temukan ketika menjelajahi pusat perbelanjaan yang berbeda-beda. Terlebih lagi jika mereka mengetahui bahwa di salah satu mal terdapat toko atau brand fashion terbaru. Semangat belanja yang dimiliki oleh kaum wanita ini juga akan semakin menggebu-gebu mengingat tren dan mode selalu terus berkembang.

3. Karena Wanita Keperluannya Banyak

Keperluan primer seorang wanita itu lebih beragam daripada pria. Terkadang pria cukup memakai kolor dalam berpakaian. Sementara cewek perlu bra dan celdam dalam berbagai bentuk sesuai dengan pakaian yang mau dia gunakan. Belum lagi sepatunya, tas-nya, aksesorisnya yang harus disesuaikan dengan kondisi dia mau kemana. Pria terkadang satu pakaian misalnya kaos bisa digunakan untuk jalan dan digunakan lagi saat tidur. Perangkat sehari-hari wanita, memang lebih rumit daripada pria. Karena itu mereka butuh untuk terus-terusan memperbaharui keperluan mereka.

4. Karena Wanita Lebih Suka Barang Daripada Uang

Pria mungkin dapat bertahan menyimpan uang sampe segunung, tapi buat wanita, uang segunung mau buat apa kalau tidak dijadikan barang?. Mereka sangat jago mengalokasikan dan mendistribusikan uang ke hal-hal yang tepat. Sementara pria lebih jago menyimpan dan menabungnya saja.

5. Mereka Menikmatinya

Ketika kaum wanita memiliki uang dan waktu yang lebih, dapat dipastikan mereka akan pergi ke salah satu mal dan belanja barang incarannya. Mereka sangat menyukai aktivitas ini. Tanpa alasan, mereka seolah-olah jatuh cinta dengan kebiasaan belanja tersebut.

6. Obsesi Pribadi

Wanita mayoritas memiliki rasa cinta terhadap diri mereka sendiri. Sehingga dalam diri mereka muncul obsesi pribadi. Mereka juga menjadi rela menghabiskan uang dalam jumlah yang banyak hanya demi memuaskan diri sendiri dengan barang-barang belanjaan yang dibelinya.

7. Membuat Orang Lain Senang
Wanita yang menyukai aktivitas belanja juga suka membuat orang lain senang. Maksudnya, mereka berbelanja bukan hanya demi dirinya sendiri, tetapi mereka sering juga membeli sesuatu untuk keluarga, pasangan, bahkan temannya. Meskipun mereka gila belanja, tetapi tetap mempunyai keinginan untuk membuat orang lain senang.

8. Untuk Pamer

Ada juga beberapa wanita yang hobi belanja hanya untuk pamer kepada teman-temannya. Biasanya, tipe penggila belanja seperti ini dikategorikan ingin menunjukkan bahwa status dan pekerjaannya sangat berkelas sehingga memungkinkan mereka untuk membeli barang-barang yang terbilang mewah dan mahal.

9. Alasan Untuk Perubahan

Banyak juga kaum wanita yang gemar berbelanja untuk mendapatkan perubahan. Maksudnya yaitu dimana mereka bisa membeli pakaian baru, sepatu baru dan lain sebagainya untuk mengusir bosan dan tidak mengenakan fashion items yang hanya itu-itu saja. Namun, belanja juga sebenarnya adalah alasan agar wanita bisa berinteraksi dengan orang banyak. Ada beberapa wanita bukan hanya suka belanja, tetapi juga gemar bertemu dengan orang baru dan mengobrol.

Demikian 9 Rahasia Wanita Hobi Shopping Atau Belanja, apakah anda salah satu diantaranya? heeheee... cuman anda yang tahu. Bagi para pria cobalah untuk mengerti satu sifat wanita seperti diatas, terkadang mereka melakukannya untuk kepentingan anda juga, meski ada beberapa diantaranya hanya untuk kepentingan pribadinya saja.

Posted By Dhimas Ari23.57

Empat Surat Einstein Dihargai Rp 112 Juta-an

Filled under: ,






Meski sudah wafat sejak tahun 1955, segala hal mengenai Albert Einstein masih menarik perhatian. Kali ini empat surat yang ditulis penemu teori relativitas itu dihargai Rp 112 juta-an dalam sebuah lelang.

Surat Einstein ini ditujukan kepada filsuf sosialis bernama Corliss Lamont pada tahun 1954. Saat penulisan surat itu, Lamont merupakan sosok yang dicerca senator Joseph McCarthy karena dianggap "kurang Amerika". Pasalnya, Lamont mencetuskan ide bahwa AS harus menjalin kerja sama lebih erat dengan Uni Soviet.

Keempat surat Lamont dari Einstein ditemukan dalam yard sale dan dijual kepada tiga penawar berbeda. Total penjualan mencapai 7.688,70 poundsterling atau sekitar Rp 112 juta, demikian angka resmi yang dikeluarkan badan lelang, PFC Auctions, Jumat (1/3/2013) lalu.

Menurut juru bicara PFC Auctions, satu surat terjual kepada pembeli di AS, dua surat untuk satu pembeli di Inggris Raya, dan satu surat tersisa untuk penawar dari Guernsey.

Surat pertama tertanggal 2 Januari 1954, berisi mengenai pujian Einstein kepada Lamont. Namun, ada satu petikan surat yang menyebut kekecewaannya.

"Ada satu titik dalam pernyataan Anda yang saya sesali, yakni mengenai klaim diri bahwa Anda bukanlah anggota Partai Komunis. Dalam hal kepartaian, bukan kewajiban seorang warga negara untuk menjelaskannya," demikian bunyi petikan surat tersebut.

Surat itu diketik dan ditandatangani tinta hitam tertulis "A Einstein". Sementara dalam surat terakhir—keempat, Einstein berterima kasih atas sumbangan uang yang diberikan Lamont dan "akan digunakan untuk hal-hal penting".
Sumber :
National Geographic Indonesia

Posted By Dhimas Ari23.51

Kurikulum 2013

Filled under: ,



Dalam beberapa bulan terakhir, harian Kompas memuat tulisan dari mereka yang pro ataupun kontra terhadap rencana implementasi Kurikulum 2013. Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas berbagai pandangan tersebut.

Saya berkesimpulan, mereka yang mempertanyakan Kurikulum 2013 adalah karena ada perbedaan cara pandang atau belum memahami secara utuh konsep kurikulum berbasis kompetensi yang menjadi dasar Kurikulum 2013. Secara falsafati, pendidikan adalah proses panjang dan berkelanjutan untuk mentransformasikan peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan tujuan penciptaannya, yaitu bermanfaat bagi dirinya, bagi sesama, bagi alam semesta, beserta segenap isi dan peradabannya.

Dalam UU Sisdiknas, menjadi bermanfaat itu dirumuskan dalam indikator strategis, seperti beriman-bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam memenuhi kebutuhan kompetensi abad ke-21, UU Sisdiknas juga memberikan arahan yang jelas bahwa tujuan pendidikan harus dicapai salah satunya melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi. Kompetensi lulusan program pendidikan harus mencakup tiga kompetensi, yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga yang dihasilkan adalah manusia seutuhnya. Dengan demikian, tujuan pendidikan nasional perlu dijabarkan menjadi himpunan kompetensi dalam tiga ranah kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Di dalamnya terdapat sejumlah kompetensi yang harus dimiliki seseorang agar dapat menjadi orang beriman dan bertakwa, berilmu, dan seterusnya.

Mengingat pendidikan idealnya proses sepanjang hayat, maka lulusan atau keluaran dari suatu proses pendidikan tertentu harus dipastikan memiliki kompetensi yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikannya secara mandiri sehingga esensi tujuan pendidikan tercapai.

Perencanaan pembelajaran

Dalam usaha menciptakan sistem perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang baik, proses panjang tersebut dibagi beberapa jenjang, berdasarkan perkembangan dan kebutuhan peserta didik. Setiap jenjang dirancang memiliki proses sesuai perkembangan dan kebutuhan peserta didik sehingga ketidakseimbangan antara input yang diberikan dan kapasitas pemrosesan dapat diminimalkan. Sebagai konsekuensi dari penjenjangan ini, tujuan pendidikan harus dibagi-bagi menjadi tujuan antara. Pada dasarnya, kurikulum merupakan perencanaan pembelajaran yang dirancang berdasarkan tujuan antara di atas. Proses perancangannya diawali dengan menentukan kompetensi lulusan (standar kompetensi lulusan). Hasilnya, kurikulum jenjang satuan pendidikan.

Dalam teori manajemen, sebagai sistem perencanaan pembelajaran yang baik, kurikulum harus mencakup empat hal. Pertama, hasil akhir pendidikan yang harus dicapai peserta didik (keluaran), dan dirumuskan sebagai kompetensi lulusan. Kedua, kandungan materi yang harus diajarkan kepada, dan dipelajari oleh peserta didik (masukan/standar isi), dalam usaha membentuk kompetensi lulusan yang diinginkan. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran (proses, termasuk metodologi pembelajaran sebagai bagian dari standar proses) supaya ketiga kompetensi yang diinginkan terbentuk pada diri peserta didik. Keempat, penilaian kesesuaian proses dan ketercapaian tujuan pembelajaran sedini mungkin untuk memastikan bahwa masukan, proses, dan keluaran tersebut sesuai dengan rencana.

Dengan konsep kurikulum berbasis kompetensi, tak tepat jika ada yang menyampaikan bahwa pemerintah salah sasaran saat merencanakan perubahan kurikulum karena yang perlu diperbaiki sebenarnya metodologi pembelajaran, bukan kurikulum (Mohammad Abduhzen, ”Urgensi Kurikulum 2013”, Kompas 21/2 dan ”Implementasi Pendidikan”, Kompas 6/3). Hal ini menunjukkan belum dipahaminya secara utuh bahwa kurikulum berbasis kompetensi mencakup metodologi pembelajaran. Tanpa metodologi pembelajaran yang sesuai, tak akan terbentuk kompetensi yang diharapkan. Sebagai contoh, dalam Kurikulum 2013, kompetensi lulusan dalam ranah keterampilan untuk SD dirumuskan sebagai ”memiliki (melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta) kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif, dalam ranah konkret dan abstrak, sesuai yang ditugaskan kepadanya.”

Kompetensi semacam ini tak akan tercapai bila pengertian kurikulum diartikan sempit, tak termasuk metodologi pembelajaran. Proses pembentukan kompetensi itu sudah dirumuskan dengan baik melalui kajian para peneliti, dan akhirnya diterima luas sebagai suatu taksonomi. Pemikiran pengembangan Kurikulum 2013 seperti diuraikan di atas dikembangkan atas dasar taksonomi-taksonomi yang diterima secara luas, kajian KBK 2004 dan KTSP 2006, dan tantangan abad ke-21 serta penyiapan Generasi 2045. Dengan demikian, tidaklah tepat apa yang disampaikan Elin Driana, ”Gawat Darurat Pendidikan” (Kompas, 14/12/2012) yang mengharapkan sebelum Kurikulum 2013 disahkan, baiknya dilakukan evaluasi terhadap kurikulum sebelumnya.

Mengatakan tak ada masalah dengan kurikulum saat ini adalah kurang tepat. Sebagai contoh, hasil pembandingan antara materi TIMSS 2011 dan materi kurikulum saat ini, untuk mata pelajaran Matematika dan IPA, menunjukkan, kurang dari 70 persen materi TIMSS yang telah diajarkan sampai dengan kelas VIII SMP. Belum lagi rumusan kompetensi yang belum sesuai tuntutan UU dan praktik terbaik di dunia, ketidaksesuaian materi mata pelajaran dan tumpang tindih yang tak diperlukan pada beberapa materi mata pelajaran, kecepatan pembelajaran yang tak selaras antarmata pelajaran, dangkalnya materi, proses, dan penilaian pembelajaran, sehingga peserta didik kurang dilatih bernalar dan berpikir.

Kompetensi inti

Kompetensi lulusan jenjang satuan pendidikan pun masih memerlukan rencana pendidikan yang panjang untuk pencapaiannya. Sekali lagi, teori manajemen mengajarkan, untuk memudahkan proses perencanaan dan pengendaliannya, pencapaian jangka panjang perlu dibagi-bagi jadi beberapa tahap sesuai jenjang kelas di mana kurikulum tersebut diterapkan.

Sejalan dengan UU, kompetensi inti ibarat anak tangga yang harus ditapak peserta didik untuk sampai pada kompetensi lulusan jenjang satuan pendidikan. Kompetensi inti meningkat seiring meningkatnya usia peserta didik yang dinyatakan dengan meningkatnya kelas.

Melalui kompetensi inti, sebagai anak tangga menuju ke kompetensi lulusan, integrasi vertikal antarkompetensi dasar dapat dijamin, dan peningkatan kemampuan peserta dari kelas ke kelas dapat direncanakan. Sebagai anak tangga menuju ke kompetensi lulusan multidimensi, kompetensi inti juga multidimensi. Untuk kemudahan operasionalnya, kompetensi lulusan pada ranah sikap dipecah menjadi dua, yaitu sikap spiritual terkait tujuan membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan kompetensi sikap sosial terkait tujuan membentuk peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran-mata pelajaran yang relevan. Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti.

Ibaratnya, kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran. Di sini kompetensi inti berperan sebagai integrator horizontal antarmata pelajaran. Dengan pengertian ini, kompetensi inti adalah bebas dari mata pelajaran karena tidak mewakili mata pelajaran tertentu. Kompetensi inti merupakan kebutuhan kompetensi peserta didik, sedangkan mata pelajaran adalah pasokan kompetensi dasar yang akan diserap peserta didik melalui proses pembelajaran yang tepat menjadi kompetensi inti. Bila pengertian kompetensi inti telah dipahami dengan baik, tentunya tidak akan ada kritikan bahwa Kurikulum 2013 adalah salah dengan alasan pada ”Kompetensi Inti Bahasa Indonesia” tidak terdapat kompetensi yang mencerminkan kompetensi Bahasa Indonesia karena memang tak ada yang namanya kompetensi inti Bahasa Indonesia, sebagaimana dipertanyakan Acep Iwan Saidi, ”Petisi untuk Wapres” (Kompas, 2/3).

Dalam mendukung kompetensi inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi dasar-kompetensi dasar yang dikelompokkan menjadi empat. Ini sesuai dengan rumusan kompetensi inti yang didukungnya, yaitu dalam kelompok kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan.

Uraian kompetensi dasar sedetail ini adalah untuk memastikan capaian pembelajaran tidak berhenti sampai pengetahuan saja, melainkan harus berlanjut ke keterampilan, dan bermuara pada sikap. Kompetensi dasar dalam kelompok kompetensi inti sikap bukanlah untuk peserta didik karena kompetensi ini tidak diajarkan, tidak dihapalkan, tidak diujikan, tapi sebagai pegangan bagi pendidik, bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut ada pesan-pesan sosial dan spiritual yang terkandung dalam materinya.

Apabila konsep pembentukan kompetensi ini dipahami dapat mengurangi, bahkan menghilangkan, kegelisahan yang disampaikan L Wilardjo dalam ”Yang Indah dan yang Absurd” (Kompas, 22/2).

Kedudukan bahasa
Uraian rumusan kompetensi seperti itu masih belum cukup untuk dapat digunakan, terutama saat merancang kurikulum SD (jenjang sekolah paling rendah), tempat peserta didik mulai diperkenalkan banyak kompetensi untuk dikuasai. Pada saat memulainya pun, peserta didik SD masih belum terlatih berpikir abstrak. Dalam kondisi seperti inilah, maka terlebih dulu perlu dibentuk suatu saluran yang menghubungkan sumber-sumber kompetensi, yang sebagian besarnya abstrak, kepada peserta didik yang masih mulai belajar berpikir abstrak. Di sini peran bahasa menjadi dominan, yaitu sebagai saluran mengantarkan kandungan materi dari semua sumber kompetensi kepada peserta didik.

Usaha membentuk saluran sempurna (perfect channels dalam teknologi komunikasi) dapat dilakukan dengan menempatkan bahasa sebagai penghela mata pelajaran-mata pelajaran lain. Dengan kata lain, kandungan materi mata pelajaran lain dijadikan sebagai konteks dalam penggunaan jenis teks yang sesuai dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Melalui pembelajaran tematik integratif dan perumusan kompetensi inti, sebagai pengikat semua kompetensi dasar, pemaduan ini akan dapat dengan mudah direalisasikan.

Dengan cara ini pula, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dibuat menjadi kontekstual, sesuatu yang hilang pada model pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini, sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia kurang diminati pendidik dan peserta didik. Melalui pembelajaran Bahasa Indonesia yang kontekstual, peserta didik sekaligus dilatih menyajikan bermacam kompetensi dasar secara logis dan sistematis. Mengatakan kompetensi dasar Bahasa Indonesia SD, yang memuat penyusunan teks untuk menjelaskan pemahaman peserta didik, terhadap ilmu pengetahuan alam sebagai mengada-ada (Acep Iwan Saidi, ”Petisi untuk Wapres”), sama saja dengan melupakan fungsi bahasa sebagai pembawa kandungan ilmu pengetahuan.

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang pernah digagas dalam Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, tetapi belum terselesaikan karena desakan untuk segera mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006. Rumusannya berdasarkan sudut pandang yang berbeda dengan kurikulum berbasis materi sehingga sangat dimungkinkan terjadi perbedaan persepsi tentang bagaimana kurikulum seharusnya dirancang. Perbedaan ini menyebabkan munculnya berbagai kritik dari yang terbiasa menggunakan kurikulum berbasis materi. Untuk itu, ada baiknya memahami lebih dahulu konstruksi kompetensi dalam kurikulum sesuai koridor yang telah digariskan UU Sisdiknas sebelum mengkritik.


Mohammad Nuh Mendikbud RI

Posted By Dhimas Ari23.46

4 Tips Memilih Universitas yang Tepat untuk Studi

Filled under: ,



Tempat Anda menimba ilmu akan memengaruhi sebagian besar kehidupan sosial dan profesional Anda di masa depan. Jadi, jangan salah menentukan keputusan mengenai institusi pendidikan yang tepat untuk diri Anda.

Seperti dikutip dari Telegraph, ada sejumlah petunjuk untuk membantu Anda menemukan universitas yang tepat untuk melanjutkan studi. Apa saja?

1. Kegiatan akademis dan non-akademis

Ketika memilih universitas, ingatlah satu hal bahwa kuliah tak cuma soal kegiatan akademis. Perhatikan pengalaman mahasiswa di suatu universitas. 

Seperti menemukan tempat kursus yang sesuai dengan minat Anda, pastikan apa yang Anda perhatikan sesuai dengan harapan Anda. Jika Anda tak menyukai lingkungan atau budaya akademis di tempat tersebut, maka berpikirlah ulang karena Anda akan berada di situ 3-4 tahun ke depan.

Fasilitas akademis dan non-akademis yang ditawarkan juga perlu diperhatikan. Ada universitas dengan fasilitas akomodasi, akademis, dan hiburan yang berada di satu area. Di sini, Anda akan menghabiskan waktu untuk segala kegiatan yang terkait dengan status Anda sebagai mahasiswa. Tentu saja, Anda akan "dipaksa" lebih fokus dengan tanggung jawab Anda sebagai mahasiswa.

Jika Anda merasa agak sumpek dengan lingkungan universitas tersebut, Anda bisa memilih universitas di kota yang heterogen, tidak hanya ramai karena keberadaan institusi pendidikan. Selain itu, ada pula universitas yang fokus menempatkan Anda dalam komunitas akademis yang lebih intim.

2. Jarak dari tempat tinggal

Jarak dari rumah atau tempat tinggal sering diabaikan dalam memilih sebuah universitas. Jika Anda memang masih ingin tinggal di rumah atau pulang pada akhir pekan, pilihlah universitas yang tidak menghabiskan ongkos terlalu banyak.

Alternatif jika Anda ingin berkuliah jauh dari rumah orangtua adalah tinggal di rumah saudara, di asrama universitas atau nge-kos. Ingat, biaya hidup sehari-hari di luar ongkos tentu akan lebih besar daripada tinggal di rumah orangtua. Namun, jangan khawatir, kampus-kampus selalu menyediakan beasiswa untuk meringankan beban mahasiswa yang berprestasi.

3. Durasi studi

Masukkan durasi studi sebagai pertimbangan dalam memilih universitas yang dituju. Anda mau lulus dalam tiga atau empat tahun? Itu akan membuat Anda mempersiapkan diri pula sejak awal berkuliah.

Setiap universitas juga memiliki batas maksimal durasi yang berbeda bagi mahasiswanya untuk menyelesaikan studi. Setiap jurusan juga memiliki kecenderungan durasi kelulusan yang berbeda. Pertimbangkan hal ini sejak awal memilih dengan banyak bertanya.

Banyak universitas yang menawarkan studi akselerasi. Gelar sarjana bisa diambil hanya dalam waktu 3 tahun. Bahkan, sejumlah universitas di Eropa menawarkan program S-1 untuk ditempuh selama 2 tahun saja.

Keuntungannya, Anda bisa menghemat biaya hidup selama kuliah, cepat lulus, dan berpeluang memperoleh pekerjaan terlebih dahulu. Namun, jalur ini membuat Anda kehilangan waktu untuk mengembangkan ide, ketertarikan, dan kehidupan sosial di masa-masa usia kuliah.

Anda juga bisa memilih model kuliah sambil bekerja. Biasanya, Anda akan memiliki beban yang lebih besar untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu atau menempuh waktu studi yang lebih lama. Jika Anda ingin menempuh kuliah sambil bekerja, dedikasi dan disiplin yang tinggi wajib Anda miliki.

4. Kenali dengan baik

Jangan asal universitas negeri atau jangan asal kuliah. Jika Anda memutuskan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi, cobalah untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai universitas yang Anda tuju.

Jangan sekadar percaya dengan situs web perguruan tinggi tersebut atau rekomendasi-rekomendasi. Anda bisa datang langsung ke bagian konsultasi pendidikan universitas tersebut dan bertanya pada senior atau teman yang lebih dulu berkuliah di universitas tersebut.

Jika ada, Alan Jones, seorang pengembangan profesional dari UCAS, juga menyarankan para calon mahasiswa untuk menghadiri pameran pendidikan tinggi dan bertemu dengan staf universitas yang bersangkutan. Jones menegaskan, jangan malu-malu menghubungi universitas secara langsung dan mengajukan pertanyaan kepada mereka.

Posted By Dhimas Ari23.30

Moyang Unta Ternyata Pernah Hidup di Kutub

Filled under:




Unta dikenal sebagai binatang yang hidup di daerah gurun dan kering. Namun, pada masa lalu, di pertengahan era Pliosene, moyang hewan ini ternyata pernah hidup di daerah dingin, sangat dekat dengan kutub.

Fakta ini terungkap dari hasil temuan fosil unta oleh tim peneliti di Canadian Museum of Nature di Ottawa. 

Tim peneliti yang dikomandani oleh paleobiolog Natalia Rybczynski berhasil menemukan fosil unta yang diperkirakan berusia 3,5 juta tahun di Pulau Ellesmere. Pulau itu terletak di bagian paling utara Kanada, Nunavut.

"Fosil ini adalah bukti pertama yang menunjukkan bahwa unta pernah hidup di daerah itu," kata Rybczynski kepada Livescience, Selasa (5/3/2013). 

"Temuan ini mengejutkan kami. Sebabnya, kita sering mengasosiasikan unta sebagai hewan yang hidup di habitat beriklim kering (arid) dan setengah kering (semi-arid)," urainya lagi.

Ada 30 buah tulang yang merupakan bagian tulang kering fosil unta yang berhasil ditemukan tim peneliti. Tulang-tulang itu kemudian diidentifikasi menggunakan metode collagen fingerprinting. Jumlah protein, bernama Kolagen Type I, yang terkandung dalam tulang tersebut dihitung.

Berdasarkan hasil analisis yang dipublikasikan pada Jurnal Nature Communications kemarin terungkap bahwa nenek moyang unta yang ditemukan berusia 3,5 juta tahun dan ukurannya 1/3 kali lebih besar daripada unta modern yang hidup saat ini. 

Rybczynski mengatakan, kondisi pada masa 3,5 juta tahun lalu memang memungkinkan bagi unta untuk bisa hidup di daerah dekat dengan kutub. Pertengahan era Pliosene itu dikenal dengan kondisinya yang hangat. Suhu global masa itu 2-3 derajat Celcius lebih hangat dari suhu saat ini. 

Ke depannya, Rybczynski dan timnya berencana untuk meneruskan pencarian unta di daerah sekitar kutub utara. "Kami berharap bisa menemukan bukti lainnya," kata Rybczynski.

Posted By Dhimas Ari23.23

Pelajaran Berharga from Warren Buffet

Filled under: ,





Selama 1 jam interview CNBC dengan Warren Buffet, orang terkaya nomor 3 di dunia saat ini, yang telah menyumbang $ 31 milyar untuk kegiatan sosial. Marilah kita ikuti beberapa aspek yang menarik dalam hidupnya.


1. Pertama kali dia membeli saham investasi pada usia 11 tahun dan dia katakan itu sudah terlambat.

  • Ajarkanlah anak – anak anda berinvestasi sejak dini.

2. Dia membeli sebuah ladang kecil pada usia 14 tahun dari hasil mengantar koran.
  • Sesuatu bisa dibeli dengan sedikit tabungan. Ajarkanlah anak – anak anda untuk memulai sebuah bisnis.

3. Dia tetap tinggal di rumahnya yang kecil berkamar tiga yang ia tempati sejak menikah 50 tahun yang lalu. Dia katakan : saya memiliki segalanya dirumah ini.
  • Jangan membeli sesuatu yang tidak benar–benar anda butuhkan dan ajarkanlah anak anda berpikir demikian.

4.  Dia menyetir sendiri mobilnya kemana saja dia ingin pergi dan dia tidak membutuhkan sopir pribadi maupun bodyguard.
  • Jadilah dirimu sendiri.

5. Dia tidak pernah mengendarai jet pribadinya, meskipun ia memiliki perusahaan jet terbesar didunia.
  • Selalu berpikirlah cukup dengan apa yang kau miliki.

6. Perusahaannya, Berkshire Hathaway, memiliki 63 anak perusahaan. Dia hanya menulis 1 surat tiap tahun untuk para CEO-nya, memberikan mereka target tahun tsb. Dia tidak pernah mengadakan rapat atau memanggil mereka.
  • Letakkan orang yang tepat pada posisinya.

7. Dia hanya membuat 2 peraturan untuk CEO-nya :
    1 : Jangan habiskan uang pemegang saham    

    : Jangan lupa peraturan no. 1
  • Buatlah suatu target dan buat mereka fokus dengan target tsb.

8. Dia tidak memiliki pergaulan kelas atas. Dia menghabiskan waktunya makan popcorn dan menonton TV dirumah.

  • Jangan mencoba untuk pamer, jadilah diri sendiri.

9. Warren Buffet tidak membawa handphone dan tidak memiliki komputer di mejanya.


10. Bill Gates, orang terkaya no. 1 beberapa tahun yang lalu mengadakan janji temu dengan Warren Buffet. Dia merancang pertemuan untuk 30 menit saja, tapi dia menghabiskan 10 jam untuk belajar menjadi seperti Warren Buffet.


Nasihatnya untuk anak–anak muda: Jauhkan dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berivestasilah dengan apa yang kau miliki, serta ingat :
  • Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang.
  • Hiduplah sederhana sebagaimana dirimu sendiri.
  • Jangan melakukan apapun yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tapi lakukan apa yang baik saja.
  • Jangan memakai merk, pakailah yang benar–benar nyaman untukmu.                      
  • Jangan habiskan uang untuk hal–hal yang tidak benar–benar penting.
  • Jika itu telah berhasil dalam hidupmu, berbagilah dan ajarkanlah pada orang lain.

"Orang yang berbahagia bukanlah orang yang hebat dalam segala hal, tapi orang yang bisa menemukan hal sederhana dalam hidupnya” 



Posted By Dhimas Ari23.20

10 Orang terkaya di dunia versi majalah vorbes

Filled under: , ,


Majalah Forbes kembali melansir daftar orang terkaya di tahun ini. Tahun ini Forbesmerilis 1.426 orang terkaya di dunia. Jumlah kekayaan dari 1.426 orang kaya tersebut mencapai 5,4 triliun dollar AS di tahun ini atau naik 4,6 triliun dollar AS dibanding tahun lalu.
Dalam daftar itu, ada 210 orang kaya baru yang masuk dalam daftar, sisanya merupakan wajah lama.
Jumlah 1.426 orang kaya tersebut dikontribusikan dari Amerika Serikat (442 orang), Asia Pasifik (386 orang), Eropa (366 orang), Amerika (129 orang), dan Timur Tengah serta Afrika (103 orang).
Ada tiga orang terkaya di dunia yang baru masuk dalam daftar ini. Sementara itu, yang terdepak adalah Eike Batista, Stefan Persson, dan Karl Hans Albrecht.
Berikut 10 orang terkaya di dunia versi Forbes:
1. Carlos Slim Helu dan keluarga 

Lahir 28 Januari 1940, Carlos adalah seorang pengusaha dan filantropis. Ia adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Movil. Tahun ini adalah tahun ketiganya menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes. Tahun 2011 lalu kekayaannya mencapai 74 miliar dollar AS. Lantas turun menjadi 69 miliar dollar AS. Di tahun ini, kekayaannya melonjak kembali hingga 73 triliun dollar AS.
2. Bill Gates 

Lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955, Gates adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis, serta mantan CEO asal Amerika Serikat yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft. Sejak 1995 hingga 2009 (kecuali tahun 2008 karena posisinya merosot ke posisi tiga), Gates selalu menempati posisi puncak orang terkaya di dunia. Tahun ini kekayaannya mencapai 67 miliar dollar AS, naik dari dua tahun lalu, yaitu 56 miliar dollar AS dan 61 miliar dollar AS.
3. Amancia Ortega 

Lahir pada 28 Maret 1936, Ortega adalah CEO dari perusahan Inditex. Majalah Forbes sendiri menetapkan Amancio Ortega sebagai orang terkaya di Spanyol, dan terkaya kedua di Benua Biru "Eropa". Pemilik merek Zara ini tahun lalu menempati posisi lima orang terkaya di dunia dengan kekayaan 37,5 miliar dollar AS. Tahun ini kekayaannya naik menjadi 57 miliar dollar AS.
4. Warren Buffet 

Lahir di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat, 30 Agustus 1930, Buffet adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Posisinya di tahun ini turun satu peringkat dibanding tahun lalu dengan kekayaan mencapai 50 miliar dollar AS. Tahun ini, kekayaannya naik menjadi 53,5 miliar dollar AS.

5. Larry Ellison 

Lahir di Manhattan, New York, Amerika Serikat, 17 Agustus 1944, Ellison adalah salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan perangkat lunak database Oracle Corporation. Posisinya di tahun ini naik satu peringkat dibanding tahun lalu dengan kekayaan sebesar 39,5 miliar dollar AS. Di tahun ini kekayaannya naik sebesar 43 miliar dollar AS.

6. Charles Koch 

Lahir 1 November 1935, Koch adalah pengusaha Amerika dan filantropis yang di tahun lalu masih menempati posisi ke-18 daftar orang terkaya versi Forbes dengan kekayaan 25 miliar dollar AS. Tahun ini langsung menempati posisi enam dengan kekayaan 34 miliar dollar AS.

7. David Koch 


Lahir 3 Mei 1940, David adalah adik dari Chares Koch yang merupakan pebisnis, filantropi, dan aktivis politik. Kakak beradik ini memiliki usaha Koch Industries. Kekayaannya di tahun lalu mencapai 31 miliar dollar AS dan di tahun ini melonjak menjadi 34 miliar dollar AS. Dia sebelumnya belum pernah masuk dalam daftar Forbes.

8. Li Ka Shing 

Lahir 13 Juni 1928, Shing adalah seorang pengusaha Hongkong. Dia merupakan orang terkaya di Hongkong dan Asia Timur. Menurut Majalah Forbes, dia juga orang keturunan China terkaya di dunia. Tahun ini kekayaannya mencapai 31 miliar dollar AS, naik satu peringkat dibanding tahun lalu.
9. Liliane Bettencourt

 Lahir 21 Oktober 1922, Liliane adalah orang terkaya di Perancis dan salah satu orang terkaya dunia menurut Forbes. Dia merupakan anak satu-satunya dari Eugène Schueller, pendiri L'Oréal, perusahaan pemimpin dalam kosmetik dan kecantikan. Tahun ini menjadi kenangan pertamanya masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia versi Forbes dengan kekayaan 30 miliar dollar AS.

10. Bernard Arnault 

Dia merupakan CEO dari perusahan terbesar yang memproduksi barang-barang mewah, yaitu LVMH. Pria yang lahir pada 5 Maret 1949 ini kekayaannya merosot dari posisi empat di tahun lalu menjadi posisi 10 di tahun ini dengan kekayaan dari 41 miliar dollar AS menjadi 29 miliar dollar AS.

Posted By Dhimas Ari23.16

Sulap Aqua Menjadi Speaker Aktif

Filled under:

 Speaker botol aqua




Inovasi itu sama aja dengan ide kreatif yang kadang perlu dalam sebuah kehidupan nyata ini, manusia akan merasakan senang dengan hal baru dan penuh dengan sensasi apalagi tidak menolak akan datangnya sebuah kreasi dan itu sangat luar biasa saat hasilnya begitu wah.

Tapi dari semua itu sesuatu yang keren itu gak harus baru, gak harus mewah dan sebagainya, dengan itu saya melihat sebuah innovasi pemikiran yang mungkin ini baru saya lihat dengan secara langsung dan membuktikan adanya.

Pernah gak liat ada spiker dengan menggunakan botol aqua bekas yang dimanfaatkan untuk Speaker Aktif menambah efek suara agar lebih terdengar lebih kencang dan lumayan untuk kapasitas ruang kecil.

Yah itu ide dari sodara saya dari kampung dan bibi saya mempraktekannya saat kembali kejakarta dan saya baru ngeh.. saat dia mendengarkan musik lalu ada botol akua yang dia tangkringin di atas hapenya, yah emang gak bagus-bagus amat hapenya hape mito sederhana, walau kata orang hape itu bagus speakernya tapi kali beda banget saat botol akua di pasang diatas lobang keluar suara dan saat tidak dipasang.

Akua yang sudah abis airnya dimanfaatkan untuk menjadi Aqua Speaker Aktif alias pengerang suara, ini membuat saya takjub walau gak pake banget tapi beneran ini inovasi keren, bisa menjadi solusi untuk kekurangan pengeras suara padahandphone.

Asalkan hapenya ada lobang keluaran untuk suara alias output shound dalam satu lobang yang cukup masuk lubang atau mulut botol akua pasti keren hasilnya, kalo gak mau coba mana tau.

Posted By Dhimas Ari09.23

5 negara dengan koneksi internet tercepat

Filled under: ,

Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan manusia, selain memudahkan pekerjaan. Internet menjadi sumber informasi yang terlengkap bagi semua kalangan, mulai dari pelajar hingga orang dewasa. bahkan internet mulai menjadi ajang berbisnis. oleh karena itu kecepatan dalam mengakses internet sangat diperlukan. dan berikut adalah informasi mengenai 5 negara dengan koneksi tercepat di dunia.


Koneksi Internet Paling Cepat Di Dunia
Top peak connection speeds

Hong Kong - 54,1 Mbps

Dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan dukungan pemerintah yang kuat, Akses internet di Hong Kong super cepat. 

Kecepatan puncak rata-rata di Hong Kong adalah 54,1 megabits per detik, menurut Akamai, sehingga Nomor 1 di daftar. Pada kecepatan itu, bisa men-download film HD (High Definition) yang diatur di Hong Kong, dalam waktu sekitar empat menit.

Korea Selatan – 48,8 Mbps

Game online mengisap banyak bandwidth, dan ada beberapa negara yang menyukai permainan lebih dari Korea Selatan. Ini adalah rumah bagi kompetisi beberapa game dan memiliki saluran televisi yang ditujukan untuk "olahraga elektronik."

Koneksi kecepatan puncak rata-rata untuk negara itu 48,8 megabits per detik. Dan broadband, seperti dalam beberapa peringkat atas negara, relatif murah, juga. Konsumen di Seoul bisa mendapatkan 100 megabits per detik.

Jepang – 42,2 Mbps

Teknologi telekomunikasi Jepang masih di atas. Pemerintah Jepang telah lama memprioritaskan pengembangan Internet sebagai tujuan nasional. Kecepatan tinggi serat optik berjalan melalui banyak bagian di negara itu. Koneksi Jepang mencapai rata-rata 42,2 megabits per detik.

Latvia - 37,5 Mbps

Ketika berpikir tentang negara yang paling berteknologi maju, Latvia mungkin tidak datang ke pikiran. Tapi broadband ada mencapai kecepatan puncak rata-rata 37,5 megabits per detik, menempatkan negara di empat besar.

Beberapa negara Eropa Timur yang ada di sini memiliki reputasi yang baik untuk konektivitas internet. Mereka memiliki banyak dukungan pemerintah.

Rumania - 37,4 Mbps

Namun, sebagian besar negara akan senang untuk memiliki kecepatan broadband Rumania. Dengan kecepatan puncak rata-rata 37,4 megabit per detik, tidak jauh berbeda dari Latvia dengan hanya sepersepuluh megabits per detik.

Internet Paling Cepat Di Dunia

Koneksi Internet Paling Cepat Di Dunia

Top peak connection speeds 

1. Hong Kong - 54.1 Mbps
2. South Korea - 48.8 Mbps 
3. Japan - 42.2 Mbps
4. Latvia - 37.5 Mbps
5. Romania - 37.4 Mbps

Top average connection speeds 

1. South Korea - 14.7 Mbps
2. Japan - 10.5 Mbps
3. Hong Kong - 9.0 Mbps
4. Switzerland - 8.7 Mbps
5. Latvia - 8.7 Mbps





Posted By Dhimas Ari09.18

Tips mengatasi wajah berminyak

Filled under: ,

Perawatan wajah


Minyak yang terdapat di wajah memiliki peran penting untuk menjaga kelembutan kulit. Namun minyak berlebih akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Wajah berminyak tidak ada kaitannya sama sekali dengan kondisi kesehatan seseorang. Masalah ini umumnya terjadi karena pola makan yang salah atau faktor keturunan. Orang-orang dengan wajah berminyak memiliki tantangan besar untuk menghilangkan minyak tersebut secara teratur. Jika ini tidak dilakukan, ini akan sangat mengganggu penampilan. Selain itu, kulit berminyak juga lebih mudah mengikat debu dan kotoran sehingga wajah menjadi kotor. Masalah lain yang sering muncul pada kulit berminyak adalah jerawat. Untuk mengatasi wajah berminyak, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:
  1. Yang paling penting untuk mengatasi kulit berminyak adalah mencuci wajah secara teratur. Basuh wajah minimal 2 kali sehari dengan cairan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengakibatkan iritasi. Lebih bagus lagi jika anda memilih pembersih wajah yang terbuat dari tanaman herbal.
  2. Gosok dengan pembersih wajah 2 kali dalam seminggu. Ada beberapa pembersih wajah yang bekerja seperti lulur, mengangkat semua kotoran dan kulit mati sehingga wajah menjadi lebih bersih dan cerah. Wajah berminyak lebih mudah mengikat debu, dan jika terus menumpuk akan membentuk lapisan di atas wajah. Agar lebih aman, anda sebaiknya memilih produk yang memang sudah dipercaya oleh banyak orang dan dinyatakan aman.
  3. Untuk mengatasi wajah berminyak, anda juga perlu mengoleskan produk untuk menyeimbangkan minyak di wajah. Sama seperti sebelumnya, pilihlah produk yang dinyatakan efektif dan aman karena anda akan selalu membutuhkannya setiap waktu.
  4. Perawatan lainnya adalah dengan toner dan Moisturizer. Setelah mencuci wajah menggunakan produk pembersih wajah, jangan lupa untuk mengapolikasikan toner dan moizturer. Perawatan ini tidak hanya diperlukan untuk kulit berminyak, namun juga kulit tidak berminyak. Ada berbagai macam produk yang tersedia di luar sana, anda bisa memilih yang alami seperti toner rose water dan green tea.

Cara alami mengatasi wajah berminyak

Selain cara-cara diatas, anda bisa mengikuti beberapa bahan alami berikut ini untuk mengatasi wajah berminyak
Susu: Susu merupakan salah satu bahan terbaik untuk menghilangkan minyak di atas permukaan kulit. Silakan oleskan produk perawat wajah yang mengandung susu sebelum anda tidur. Susu memiliki kemampuan alami untuk menghilangkan debu dan kotoran di wajah. Selain itu, susu juga baik untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Anda bisa mengambil kapas, kemudian mencelupkannya ke dalam susu dan oleskan ke permukaan wajah. Anda juga bisa menambahkan minyak lavender untuk meningkatkan hasilnya.
Masker lumpur: Lumpur sudah lama dipercaya untuk mengatasi wajah berminyak. Pilihlah lumpur yang higienis, bukan diambil langsung dari sawah karena ada banyak kotoran dan bakteri di dalamnya. Anda bisa membeli lumpur khusus dari toko kecantikan atau di tempat lainnya. Campurkan lumpur dengan kunyit sebelum dioleskan di wajah untuk meningkatkan hasilnya. Setelah dioleskan, tunggu selama kurang lebih setengah jam baru kemudian bilas hingga bersih. Anda bisa memakai masker lumpur sekali seminggu. Selain menghilangkan minyak, wajah juga akan terlihat lebih bersih dan lembut.
Gandum: Bahan makanan ini juga baik untuk mengatasi kulit berminyak. Sediakan gandum yang belum diproses, kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu dan setengah sdt air jeruk lemon. Campur ketiga bahan ini hingga membentu pasta yang padat, selanjutnya aplikasikan ke atas kulit dan tunggu sekitar 15 menit.
Bubuk kayu cendana: Ambil sedikit bubuk cendana dan campurkan dengan beberapa tetes air, selanjutnya oleskan ke atas kulit wajah yang berminyak. Biarkan hingga mengering dengan sendirinya lalu bilas dengan air hangat. Ini membantu menghilangkan minyak berlebih serta melawan jerawat di wajah.



Posted By Dhimas Ari09.05